Pembahasan:
- Introduction
- Why Service
Design?
- The five
major aspects of service design
- Objectives
of service design
- The service design package
Disini
saya mendapat bagian untuk membahas The Service Design Package atau Paket
Desain Layanan
KELOMPOK:
PAKET DESAIN LAYANAN
Didalam tahap desain membutuhkan serangkaian bisnis baru
atau modifikasi untuk meyelesaikan solusi dalam melayani perubahan pembangunan,
pengujian dan pengimplementasian ke dalam lingkungan hidup. Bagaimanapun juga,
tidak cukup teknik desain atau arsitektur yang sederhana saja untuk melayani
perubahan. Maka dari itu tim layanan perubahan memerlukan lebih banyak lagi
perubahan kearah yang lebih baik lagi dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi layanan
yang menyediakan manfaat dan garansi. Tim layanan perubahan juga memerlukan blueprint
yang meliputi semua aspek pelayanan baru diantaranya: Solusi
layanan baru atau perubahan, Sistem manajemen layanan dan perangkatnya, Arsitektur
teknologi dan sistem manajemen, Proses, peran dan kemampuan serta metode
pengukuran dan satuan. Blueprint ini dikenal sebagai Paket Desain Layanan
Paket Desain Layanan atau SDP mendefinisikan seluruh aspek dalam
layanan TI dan keseluruhan persyaratan dari setiap tahap layanan siklus hidup.
Paket Layanan desain diproduksi untuk setiap layanan TI baru, perubahan besar,
atau layanan TI yang dikeluarkan. Paket
yang ditawarkan pada manajemen design layanan cukup banyak, contoh dari paket
desain layanan diantaranya:
- Paket desain industri
- Paket desain grafis
- Paket desain rumah
- Paket desain kemasan
Kunci
utama dari paket desain layanan meliputi :
- Definisi layanan merupakan kebutuhan bisnis yang telah disepakati dan layanan apa saja yang akan digunakan
- Desain layanan termasuk kedalam desain arsitektur, persyaratan fungsional, jasa, SLR / SLA dimana SLR kepanjangan dari Service Level Requirement yang merupakan proses yang berisi hal-hal apa saja yang diinginkan oleh user sedangkan SLA atau Service Level Agreement adalah bentuk persetujuan antara business customer dengan IT provider, jika SLR / SLA tersedia dan persyaratan manajemen operasional termasuk metrik dan kunci keberhasilan serta layanan pendukung dan perjanjian
- Layanan model menampilkan keseluruhan struktur dan dinamika layanan, menampilkan bagaimana pelanggan dan layanan aset, fungsi-fungsi manajemen layanan dan proses datang bersama-sama untuk memberikan nilai
- Penilaian terhadap kesiapan organisasi dan implikasinya
- Rencana yang mencakup semua tahapan layanan siklus hidup
- Rencana untuk transisi Layanan (meliputi pembangunan dan perakitan, tes, rilis, dan penyebaran) untuk penerimaan operasional
- Kriteria penerimaan dan strategi serta rencana untuk pengujian dan penerimaan pengguna
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar