Animasi diambil dari kamus Oxford, berarti film yang seolah
hidup, terbuat dari fotografi, gambaran, boneka, dan sebagainya dengan
perbedaan tipis antarframes yang berguna untuk memberi kesan pergerakan saat
diproyeksikan (The Little Oxford Dictionary 19). Animate yang merupakan kata
kerja dari bahasa Inggris yang berarti memberi nyawa atau dengan kata lain
merupakan suatu kegiatan menghidupkan atau menggerakkan benda mati dan juga
animasi merupakan akar dari dunia gambar, yaitu ilustrasi desain grafis (desain
komunikasi visual)
SEJARAH ANIMASI
Animasi pertama kali ditemukan di gua El Castillo di
Cantabria, Spanyol yang terlukis pada dinding-dinding gua atau sering disebut
dengan cave paintings. Cave paintings tertua yang telah ditemukan yaitu sekitar
40.000 tahun yang lalu yang digunakan sebagai alat komunikasi, hiasan gua, dan
kegiatan keagamaan atau seremonial. Dan juga animasi ditemukan di gua
Lascaux Spanyol Utara oleh ahli purbakala sekitar 2000 tahun SM pada zaman Mesir
Kuno dalam bentuk gambar pada berbagai artefak. Ahli purbakala mencoba untuk
menangkap gerak cepat lari binatang yang digambarkannya dengan delapan kaki
dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973:23).
Kemudian terjadi pula pada Orang Mesir kuno yang
menghidupkan gambar sesuai urutan gambar para pegulat yang sedang bergumul,
sebagai dekorasi dinding sekitar tahun 2000 SM (Thomas 1958:8). Lalu lukisan
Jepang kuno yang memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan
menggelarkan gulungan lukisan yang dibuat pada masa Heian (794-1192). Kemudian
muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa
lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi
kiri kanannya diikat seutas talii bila dipilin dengan tangan akan memberikan
santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18).
JENIS-JENIS ANIMASI BERDASARKAN
TEKNIK PEMBUATAN
Perkembangan teknik animasi dari masa ke masa semakin pesat
dan mengakibatkan jenis-jenis animasi semakin beragam. Jenis animasi
berdasarkan teknik pembuatan, diantaranya:
1. Animasi Cell atau Animasi Tradisional
Konsep
Animasi Cell
Cell berasal dari kata “celluloid”
yang berarti materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada
tahun awal animasi. Animasi cel merupakan animasi tertua yang paling popular.
Animasi cell disebut juga dengan animasi tradisional yang sekilas mirip sekali
dengan tranparansi OHP.
Animasi cell biasanya merupakan
lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal dan juga biasanya digambar
dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation). Masing-masing cel merupakan
bagian yang terpisah antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat
saling bergerak mandiri.
Contoh
Animasi Cell:
- Misalnya seorang animator akan membuat animasi dengan karakter kingkong yang sedang melompat, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter kingkong melompat di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil bersamaan (seperti pada metode layer) seperti contoh dibawah ini.
Contoh
Animasi Cell 1
- Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil bersamaan (seperti pada metode layer).Contoh Animasi Cell 2
Animasi sprite adalah animasi dimana
setiap objek yang bergerak secara individual yang mana objek yang lainnya hanya
sebagai background atau dengan kata lain objek bergerak secara
mandiri dengan latar belakang yang diam. Animasi sprite memiliki perbedaan dengan
animasi cel dan animasi frame, dimana setiap objek dalam animasi sprite
bergerak tidak dalam waktu bersamaan namun memiliki fps atau frame per
detik yang berbeda dan bila ingin di edit maka harus dilakukan pada
masing-masing objek sprite tersebut.
Contoh Animasi Sprite:
Contoh Animasi Sprite
3. Animasi Frame
Contoh Animasi Frame:
Video Animasi Frame
Animasi frame merupakan animasi yang
paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang
bergantian yang ditujukan pada media tertentu. Pergantian gambar ini diukur
dalam satuan fps (frame per second). Misal ketika kita membuat rangkaian gambar
yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut
sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Teknik
yang sering digunakan dalam animasi Frame diantaranya adalah teknik animasi
tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.
Contoh Animasi Frame 1
Contoh Animasi Frame 2
4. Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari
objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Biasanya
dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang
hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini
didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri
yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
Contoh Animasi Path:
Contoh Animasi Path
Video Animasi Path
5. Animasi Vektor
Animasi vektor adalah animasi yang
menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan objeknya. Setiap objek dalam
animasi vektor bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam (hampir
sama dengan animasi sprite). Perbedaannya hanya terletak pada
gambar yang digunakan dalam objek sprite-nya. Pada animasi sprite, gambar yang
digunakan adalah gambar bitmap, sedangkan animasi vektor menggunakan gambar
vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga mengakibatkan ukuran
file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan dengan file animasi
sprite.
Contoh Animasi Vektor:
Contoh Animasi Vektor 1
Contoh Animasi Vektor 2
Video Animasi Vektor
6. Animasi Spline
Pada animasi spline, objek bergerak
mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari
representasi perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus
dibandingkan dengan animasi path.
Contoh Animasi Spline:
Animasi dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah seperti gambar dibawah ini.
Animasi dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah seperti gambar dibawah ini.
Gambar. Animasi Spline
Video
Animasi Spline
9. Animasi Komputer
7.
Animasi Karakter
Animasi karakter
biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3D. Pada animasi ini setiap
karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi bergerak secara
bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer,
hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual. Setelah itu proses
pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling
and animation. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek
dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa
animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita
animasi tersebut.
Contoh Animasi Karakter:
Gambar. Animasi Karakter
8.
Animasi Digital
Animasi digital adalah
penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer.
Pada animasi digitil, gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai,
diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang
didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai
animasi 2 dimensi.
Contoh Animasi Digital:
Gambar. Animasi Digital : Lion King
9. Animasi Komputer
Animasi
komputer adalah seni bidang komputer grafik dan animasi yang menghasilkan
gambar bergerak dengan sendiri. Dari pembuatan karakter dengan mengatur
gerakkan, kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan
dengan komputer.
Contoh Animasi Komputer:
Gambar. Animasi Komputer
SUMBER:
Terimakasih ya artikel bagus sekali sangat membantu saya yang ingin sekll membuat karakter animasi
BalasHapusSiap senang bisa membantu
Hapus