Rabu, 13 Mei 2015

Pengenalan Komputer & Software

Pengenalan Komputer & Software

PENGENALAN KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
  • Menurut Hamacher 
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepatdan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output yangberupa informasi.
  • Menurut Blissmer  
Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1. menerima input
2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. menyediakan output dalam bentuk informasi
  • Menurut Fuori   
Berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses datayang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitunganaritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untukmenghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer(computersystem) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  • Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisajamah.
  • Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untukmelakukan pengolahan data.
  • Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistemkomputer.

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik
Perlu diketahui bahwa komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya. Bukan berarti komputer yang kecil bentuknya berarti kecil pula kemampuannya
Tower (menara) 
adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawahmeja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja.Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyakmemiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehinggabisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
Desktop (meja) 
adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.
Portable (mudah dibawa-bawa) 
adalah komputer yang ukuran sedikitlebihkecil dari Desktop, karena bagianbagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemanamana. Komputer iniditujukan bagi pemakai yang sering bertugas ilapangan, misalnya insinyuryang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkandata dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karenarelatif besar dan berat.
Notebook (buku catatan) 
adalah komputer yang ukurannya sebesar buku. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
Subnotebook 
adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive. 
Palmtop  
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yangsangat kecil. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tida memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkanpemakai.
Jenis Komputer Berdasarkan Perkembangan Softwarenya
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungansambungan kabel ke antar bagian dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalahmenggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era ini adalah komputer ENIAC. 
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanyaoleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkatlunak dapat Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulaibergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satusatu, tapi sudah seperti banyak prosesyang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunakmampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung(real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkanantara program (pemroses) dengan data (yang di proses). 
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhikebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunakaplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah kesuatu jenis kecerdasan buatan. 
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplinilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
2.      Software
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
  • Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
  • Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
  • Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
  • Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Jenis software atau perangkat lunak computer
Perangkat lunak komputer dibagi menjadi dua kategori yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi
A. Perangkat lunak atau software sistem (system software)
Merupakan perangkat lunak yang berhubungan dengan komponen perangkat keras komputer (hardware), perawatan maupun pemogramannya. Perangkat lunak sistem dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 
  • Sistem operasi
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / hardware serta sistem operasi dasar sistem termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi
  • Bahasa pemrograman
Merupakan isntruksi atau aturan yang tertuang dalam bentuk kode – kode yang diberikan kepada komputer untuk mejalankan tugasnya.
  • Utility software
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi uantuk menyelesaikan masalah tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer. Diantaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikasi, membuat atau menghapus proteksi suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji keberanaran kinerja komputer. 
Contohnya : WinRar, ScanDisk, Disk Dftrakmenter, Norton Ghost, Tune Up Utilities, Advanced System, CC-Cleaner, Dll.
B. Perangkat lunak atau Software Aplikasi
Merupakan program yang dibuat untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Selain perangkat lunak sistem sebuah komputer juga membutuhkan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untu menyelesaikan tugas tertentu yang membantu pengguna dalam kegiatan sehari-hari.
Contoh : Software desain kaos atau jaket, Microsoft Office, AutoCad, Macromedia, Internet Download Manager, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW MAKANAN 9: STEAK HOTEL BY HOLYCOW

Nah kali ini aku makan steak yang bisa dibilang ga mahal-mahal banget dan ga murah-murah banget, apalagi kalau ada promo yang kalian bisa...