Selasa, 20 Oktober 2015

Harapan membuat Organisasi setelah lulus dari Universitas Gunadarma


2,5 Tahun lagi saya lulus dari Universitas Gunadarma. Rencananya setelah lulus dari Universitas Gunadarma saya ingin membuat suatu organisasi yang berguna bagi masyarakat lingkungan sekitar bahkan sampai berguna untuk negeri ini yang menguntungkan banyak orang. Organisasi yang akan saya bangun termasuk ke dalam organisasi sosial. Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. 

Latar belakang saya membentuk organisasi sosial ini adalah hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Manusia pada umumnya dilahirkan seorang diri, namun dalam kehidupannya harus berkelompok dan bermasyarakat. Manusia tidak dapat berdiri sendiri, namun bergantung kepada orang lain. Manusia tanpa manusia lainnya tidak akan bisa bertahan hidup. Dalam kehidupannya dengan manusia lain manusia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan orang lain, karena manusia mempunyai naluri untuk selalu hidup dengan orang lain. 
 Dengan demikian manusia itu merupakan bagian dari suatu organisasi sosial, karena hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia berkaitan dengan orang lain. Tentunya manusia memiliki tujuan dalam hidupnya. Untuk memenuhi tujuan itu, manusia melakukan berbagai macam cara. Salah satunya adalah membentuk organisasi-organisasi.
Organisasi yang saya buat ini adalah berbentuk YAYASAN, Yayasan merupakan organisasi sosial yang didirikan masyarakat untuk kegiatan yang bersifat sosial, juga badan usaha yang tidak mencari keuntungan melainkan memberi banyak manfaat bagi orang lain. Badan usaha ini didirikan untuk sosial dan berbadan hukum. Misalnya panti anak yatim piatu, majelis taklim, juga pendidikan (pendidikan umum maupun pendidikan islam). Seperti yayasan yang sudah maju baik dalam ilmu dunia dan bekal akhirat kelak yaitu Yayasan Pendidikan AL Istiqomah dan yayasan lainnya. Mungkin yayasan tersebut akan saya beri nama Yayasan AL Barakah

Rencananya yayasan ini tidak dipungut harga sepeserpun, ini merupakan pergerakan amal sodakoh atau donasi dari keluarga yang mampu untuk menjadikan generasi muda tidak larut dalam kriminalitas seperti anak yang melakukan tindak  kekerasan untuk mendapatkan kesenangan. Disini anak-anak kurang mampu akan dibekali ilmu yang berrmanfaat. Selain ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan bermanfaat bagi bekal akhirat. Jadi dalam mengamalkan ilmu di dunia ditambah  ilmu-ilmu agama yang menjadikan patokan atau batas-batas tertentu yang masih dalam batas wajar.

Didalam yayasan tentunya terdapat berbagai macam tingkatan umur seperti anak-anak, remaja, orang tua bahkan lanjut usia. Didalam yayasan ini, saya berkeinginan untuk membentuk sebuah organisasi. Jadi didalam organisasi terdapat organisasi yang bermanfaat. Khususnya yang berguna bagi generasi muda seperti karang taruna yang akan membantu anak-anak kecil dan lanjut usia, karang taruna ini atau yang berisikan para remaja sebagai parameter atau patokan. Karang Taruna ini akan saya beri nama sesuai dengan tempat tinggal saya yaitu Karang Taruna Pondok Kelapa.

Jadi bukan hanya pengurus yayasan saja yang mengurusi anggota yayasan, tetapi para remaja dapat membantu, mengatur, mengkoordinasi juga mengajarkan anak-anak kecil dan lanjut usia. Bukan hanya membantu yang ada didalam lingkup yayasan, juga dapat membantu yang bukan berasal dari didalam yayasan, melainkan masyarakat sekitar.

Karang taruna mempunyai Fungsi misalnya:
1.      Sebagai Penyelenggara Kesejahteraan Sosial
Bukan hanya orang kaya yang mampu menyumbangkan hartanya, tetapi orang yang tidak mampu bisa menyumbangkan sedikit tenaga untuk menghasilkan uang, kemudian hasil tersebut bisa dalam bentuk uang ataupun makanan dan diberikan kepada yang lebih membutuhkan untuk kesejahteraan masyarakat.
2.      Sebagai Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat
Disini para remaja atau anggota karang taruna memberikan ilmu yang diajarkan didalam yayasan lalu dikembangkan kepada anak-anak diluar yang kurang akan pendidikan, dengan kata lain membuat sekolah kecil untuk masyarakat diluar sana, juga memberikan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat.
3.      Sebagai Penyelenggara  pemberdayaan  masyarakat sekaligus kegiatan pengembagan bagi generasi muda
Yaitu belajar kewirausahaan untuk berbisnis dan mengembangkan kemampuan masyarakat, mengubah perilaku masyarakat, dan mengorganisir masyarakat. Jadi disini para anggota karang taruna membantuk masyarakat untuk mengembangkan kemampuan masyarakat seperti kemampuan untuk berusaha, kemampuan untuk mencari informasi, kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang bisa menghasilkan pekerjaan untuk kehidupan yang lebih layak.


Semoga impian saya untuk membuat organisasi YAYASAN AL-BARAQAH dan KARANG TARUNA PONDOK KELAPA ini dapat terwujud sesuai dengan harapan. amin
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW MAKANAN 9: STEAK HOTEL BY HOLYCOW

Nah kali ini aku makan steak yang bisa dibilang ga mahal-mahal banget dan ga murah-murah banget, apalagi kalau ada promo yang kalian bisa...