Sabtu, 17 Oktober 2015

STRUKTUR ORGANISASI PT SEMEN INDONESIA Tbk.



Sesuai dengan Undang-Undang No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas, Organ perusahaan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi. Kepengurusan  perseroan menganut sistem dua badan (two boards system), yaitu Dewan Komisaris dan Direksi, yang memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai fungsinya masing-masing sebagaimana diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Peraturan Perundang-Undangan.

Perseroan telah memiliki infrastruktur yang diperlukan dalam rangka implementasi GCG. Di jajaran Dewan Komisaris telah dibentuk komite-komite fungsional untuk memberdayakan fungsi kepengawasan. Demikian pula di jajaran Direksi telah dibentuk unit kerja yang mengendalikan, mengawal dan bertanggung jawab atas implementasi GCG dan juga bertugas sebagai mitra kerja dari komite-komite di bawah Dewan Komisaris, sebagaimana bagan di bawah ini.
 
STRUKTUR TATA KELOLA PERSEROAN

Umum

Menyeluruh
 
  • MANAJEMEN
DEWAN KOMISARIS
Komisaris Utama

Mahendra Siregar, dilahirkan pada tanggal 17 Oktober 1962. Diangkat sebagai Komisaris Perseroan pada RUPSLB 26 Juni 2012. Masa jabatan yang sekarang sebagai Komisaris Perseroan akan berakhir pada 2017. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan RI periode 2011-2016. Akhir 2001 beliau bergabung dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Staf Khusus. 2005 dilantik menjadi Deputi Menteri Bidang Koordinasi Kerjasama Internasional. Beliau kemudian ditunjuk menjadi Chairman dan CEO Indonesia Eximbank tahun 2009 dan dilantik menjadi Wakil Menteri Perdagangan pada tahun yang sama. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1986 dan S-2 Ekonomi dari Monash University, Australia tahun 1991. 

Komisaris Independen

Hadi Waluyo, dilahirkan pada tanggal 03 April 1950 ,lulusan AKABRI 1972 pensiun pada tahun 2006 dengan pangkat LETJEND beberapa jabatan yang pernah dipegangnya antara lain AS OPS Kodam V/BRAWIJAYA 1995 dan RINDAM V/BRAWIJAYA 1996, PABANLAT SOPSAD 1997, DIRLAT KODIKLAT TNI-AD 1998, WAASOPS KASAD 1998, DANPUSTER TNI AD 1999 PANGDAM VI/TPR 2000-2002 ASOPS KASAD 2003 dan KODIKLAT TNI AD dan PANGKOSTRAD (2004-2006) pendidikan militer SESKOAD 1985 SESKOGA 1994 LEMHANAS 1998 mendapat gelar sarjana ilmu politik 1994 pada Universitas Terbuka dan pernah menjabat Komisaris Utama PT Mandala Airlines (2004-2006) ditunjuk jadi Komisaris Perseroan pada RUPS 2011 yang akan berakhir pada RUPS 2016.

Komisaris Independen

Muchammad Zaidun, dilahirkan pada tanggal 29 Mei 1952, diangkat sebagai Komisaris pada RUPS 2014. Masa jabatan sekarang akan berakhir sampai 2019. Saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum UNAIR (2007-sekarang). Beliau juga menjabat sebagai Pengurus Asosiasi Mediator Indonesia (AMINDO) dan sebagai Anggota Dewan Etik Mahkamah Kostitusi sejak tahun 2011. Beliau menyelesaikan meraih gelar Sarjana Hukum dan  GeIar Magister Sains Ilmu Sosial dari UNAIR.  

Komisaris

Achmad Jazidie, lahir pada tanggal 19 Februari 1959, diangkat sebagai Komisaris Independen pada tahun 2007. Masa jabatan sebagai Komisaris Perseroan akan berakhir pada 2017. Ia juga menjadi dosen Fakultas Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ketua Proyek Penelitian dan Pengembangan Pendidikan di ITS di ITS (2006-sekarang). Sebelumnya menjabat Wakil Rektor III ITS (2003-2007), Komisaris PT ITS Kemitraan (2006-2007), seorang Profesor tamu di Saga University, Jepang (2004) dan Ketua Program Public Link System Universitas (2003 -2007). Dia memiliki gelar doktor dalam Rekayasa Industri dan Sistem dari Hiroshima University, Jepang dan gelar Insinyur di bidang Teknik Listrik dari ITS.

Komisaris

Marwanto Harjowiryono, dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1959, diangkat sebagai Komisaris pada RUPS 2014. Masa jabatan sekarang akan berakhir sampai 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Dirjen Perbendaharaan, Kementrian Keuangan sejak November 2013. Sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian dan menjadi Executive Director Asian Development Bank. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gajah Mada, pendidikan S2 di Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, USA dan pendidikan S3 di Universitas Gajah Mada.

Komisaris

Wahyu Hidayat, dilahirkan pada tanggal 3 Juli 1954, diangkat sebagai Komisaris pada RUPS 2014. Masa jabatan sekarang akan berakhir sampai 2019. Beliau saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis, Kementerian BUMN sejak Maret 2013. Sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kementerian BUMN pada tahun 2012 dan sebagai Komisaris PT Bank Mandiri (Persero) sampai 2014. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Gadjah Mada.

Komisaris

Sony Subrata, lahir di Jakarta tanggal 11 Februari 1966, beliau diangkat sebagai Komisaris pada RUPSLB 2015. Masa jabatan sekarang akan berakhir sampai 2020. Saat ini beliau menjabat sebagai CEO PT Arwuda Indonesia, CEO PT Tridaya Nusantara Internasional dan CEO PT Brata Nusa Pratama. Beliau sebelumnya menjadi Komisaris Independen PT Ciputra Surya Tbk 1999-2003. Menjadi Ketua Umum Yayasan Bangsa 1997-1999. Menyelesaikan pendidikan di University of New South Wales, Sydney, Australia.


Struktur organisasi di PT. Semen Gresik selalu berkembang mengikuti kebijaksanaan pemerintah dan perkembangan situasi nasional serta disesuaikan dengan kebutuhan pabrik yan menyangkut keadaan sosial, ekonomi dan politik. Struktur organisasi di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

Kedudukan tertinggi struktur organisasi dipegang oleh seorang Direktur Utama dimana Direktur Utama membawahi 6 orang direktur antara lain ;
1.      Direktur Produksi
2.      Direktur Litbang dan Operasional
3.      Direktur Pemasaran
4.      Direktur Keuangan
5.      Direktur Sumberdaya Manusia
6.      Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis

  • Direktur Produksi 


Pada susunan organisasi PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Direktur Produksi membawahi
1.      Departemen Produksi Bahan Baku
2.      Departemen Produksi Terak
3.      Departemen Produksi Semen
4.      Departemen Teknik

  • Direktur Litbang dan Operasional
Direktur Litbang dan Operasional membawahi empat departemen antara lain :
1.      Departemen Kebijakan Pengadaan Strategis Group
2.      Departemen Pengadaan dan Pengelolaan Persediaan
3.      Departemen Rancang Bangun
4.      Departemen Litbang dan Jaminan Mutu 


Misi Direktur Operasional: 
Mengimplementasikan teknologi ramah lingkungan dan bertindak proaktif, efisien dan inovatif dalam setiap penelitian, pengembangan dan kegiatan operasional sehingga memiliki keunggulan bersaing serta selalu memberdayakan dan mengsinergikan unit-unit usaha stratejik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan para pemangku kepentingan (stakeholder).  


  • Direktur Pemasaran 
Direktur Pemasaran membawahi tiga departemen antara lain
1.      Departemen Penjualan
2.      Departemen Distribusi dan Transportasi
3.      Departemen Pengembangan Pemasaran 

Misi Direktur Pemasaran:
Memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen, dengan tetap memiliki keunggulan bersaing dalam pasar semen domestic dan internasional dan memperdayakan maupun mensinergikan unit-unit usaha strategik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan dalam rangka penigkatan kesejahteraan para pemangku kepentingan.  
  • Direktur Keuangan 



Direktur Keuangan membawahi beberapa departemen, yaitu :

1.      Departemen Manajemen Keuangan Group
2.      Departemen Pengelolaan Tekominfo Group
3.      Departemen Akuntansi dan Keuangan

Misi Keuangan:
Bertindak proaktif, efisien dan inovatif dalam pengelolaan keuangan sehingga memiliki keunggulan bersaing serta selalu memberdayakan dan mengsinergikan unit-unit usaha stratejik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan para pemangku kepentingan (stakeholder).

  • Direktur Sumberdaya Manusia

Direktur Sumberdaya Manusia membawahi beberapa departemen antara lain :

1.      Departemen Hukum dan Manajemen Resiko

2.      Departemen Sumberdaya Manusia

3.      Departemen Sarana Umum
 

Misi Direktur Sumber Daya Manusia:
Mewujudkan menejemen perusahaan berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat kebersamaan, sekaligus bertindak proaktif, effisien dan inovatif dalam setiap karya sehingga memiliki keunggulan bersaing serta selalu memberdayakan dan mengsinergikan unit-unit usaha stratejik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan para pemangku kepentingan (stakeholder).


  • Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis

Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis membawahi beberapa departemen antara lain:

1.      Departemen Pengelolaan Capex Group

2.      Departemen Pengembangan Perusahaan


Misi Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis:
Bertindak proaktif, efisien dan inovatif dalam setiap pengembangan usaha dan strategi bisnis untuk mempertahankan keunggulan bersaing serta selalu memberdayakan dan mengsinergikan unit-unit usaha stratejik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan para pemangku kepentingan (stakeholder).
 

  • DIREKSI

Direktur Utama

Suparni, lahir pada tanggal 13 Desember 1958, diangkat sebagai Direktur Utama Perseroan pada RUPSLB 2015. Sebelumnya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama berdasarkan surat keputusan Dewan Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) tbk Nomor 017/SI/Kep.DK/12.2014. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Produksi dan Litbang. Masa jabatan yang sekarang sebagai Direktur Perseroan akan berakhir pada 2017. Bergabung dengan Perseroan pada 1986. Sebelumnya menjadi Kepala Kompartemen Produksi Pabrik Tuban 2007 dan Kepala Departemen Pengembangan Perusahaan (2006-2007). Kepala Produksi II Pabrik Tuban (2002-2006). Lulusan Insinyur Listrik dari ITS Surabaya.
Misi Direktur Utama:
  • Memproduksi, Memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
  • Mewujudkan manajemen perusahaan berstandart internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat kebersamaan serta bertindak proaktif, efisien dan inovatif dalam setiap karya.
  • Meningkatkan keunggulan bersaing dalam industri semen domsetik dan internasional.
  • Memperdayakan dan mengintegrasikan unti-unit usaha stratejik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
  • Mengembangkan komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholder) terutama saham, karyawan, dan masyarakat sekitar.
Direktur

Ahyanizzaman, lahir pada tanggal 06 Juli 1966, diangkat sebagai Direktur pada RUPS 2014. Sebelumnya diangkat menjadi Direktur Keuangan pada RUPSLB 11 Maret 2011 dan akan berakhir tahun 2016, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Keuangan (2006-2010), Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi (2010-2011), Kepala Bagian Akuntansi Keuangan (2006-2007), Kepala Bagian Akuntansi (2004-2006), Pjs Kepala Bagian Akuntansi (2002). Bergabung dengan Perseroan sejak tahun 1991. Lulusan S1 akuntansi Universitas Airlangga, Surabaya.

Direktur

Amat Pria Darma, lahir tanggal 13 Agustus 1961, diangkat sebagai Direktur pada RUPSLB Semen Gresik tahun 2012. Masa jabatan sekarang akan berakhir pada tahun 2017. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala Departemen Distribusi dan Transportasi. Mulai berkarirnya di PT Semen Gresik (Persero) Tbk pada tahun 1986. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember tahun 1985.

Direktur

Aunur Rosyidi, lahir pada tanggal 20 April 1968, dipilih sebagai Direktur pada RUPS tahun 2015. Masa jabatan saat ini akan berakhir pada tahun 2020. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Direktur Komersial PT Semen Gresik 2013-2015. Menjabat sebagai SVP Komersial pada Direktor Komersial PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Menjabat sebagai Komisaris Utama PT Kawasan Industri Gresik dan GM of Procurement & Inventory Management PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Menyelesaikan pendidikan pasca sarjana (S2) pada bidang studi manajemen stratejik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Direktur

Gatot Kustyadji, lahir pada tanggal 25 Juli 1963, diangkat sebagai Direktur pada RUPS 2014, masa jabatannya yang sekarang akan berakhir pada tahun 2019. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Litbang PT Semen Tonasa (2005-2010), Direktur Litbang dan Operasional PT Semen Tonasa (2011-2012), Direktur Produksi PT Semen Tonasa (2012-2014) dan sebagai Direktur Utama PT. Semen Gresik. Beliau menempuh pendidikan S1  Teknik Kimia di Institut Teknologi 10 November dan S1 Manajemen di Universitas Indonesia. Menempuh pendidikan S2 Ekonomi Perencanaan Pembangunan, Universitas Andalas. Meraih gelar Doktor pada bidang sumber daya manusia dari Universitas Brawijaya

Direktur

Johan Samudra, lahir pada tanggal 22 Juni 1956, diangkat sebagai Direktur pada RUPS 2014, masa jabatannya yang sekarang akan berakhir pada tahun 2019. Sebelumnya beliau menjabat sebagai CEO Thang Long Cement Vietnam, Direktur Litbang PT Semen Padang (2003-2005) dan sebagai GM Capex Management Group PT Semen Gresik. Menempuh pendidikan S2 Manajemen Keuangan Universitas Andalas.

Direktur

Rizkan Chandra, lahir di Jakarta pada tanggal 27 Januari 1969, diangkat sebagai Direktur pada RUPSLB 2015, masa jabatannya yang   sekarang akan berakhir pada tahun 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Network, IT & Solution PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Komisaris PT Telkomsel dan Direktur Utama PT Sigma Cipta Caraka. Menempuh pendidikan S1 di Teknik Informatika ITB dan pendidikan S2 (MSc in Management of Technology) National University of Singapore.

4 komentar:

REVIEW MAKANAN 9: STEAK HOTEL BY HOLYCOW

Nah kali ini aku makan steak yang bisa dibilang ga mahal-mahal banget dan ga murah-murah banget, apalagi kalau ada promo yang kalian bisa...