Sabtu, 17 Oktober 2015

ORGANISASI PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk.


PROFIL
SEJARAH SINGKAT
PERESMIAN DAN PERGESERAN KEPEMILIKAN

PT Semen Gresik merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan operasional penghasil semen di grup Semen Indonesia. Dengan berdirinya PT Semen Gresik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menjadi Holding Company yang berarti suatu badan usaha yang besar yang pada umumnya berbentuk corporation (PT) yang menguasai sebagian besar saham dari beberapa perusahaan lainnya dan tidak mengurus produksi semen. 

Awalnya PT Semen Gresik bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk dan secara resmi berganti nama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tanggal 20 Desember 2012. Penggantian nama ini, merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional. Semen Indonesia Group memiliki anak perusahaan PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun.


Pergantian nama juga diikuti dengan perkenalan logo baru Semen Indonesia yang menggambarkan semangat terus berkembang dan fondasi kokoh bagi kemajuan ekonomi bangsa. Nama Semen Indonesia sangat membantu dalam hal pemasaran dan ekspansi.

PT Semen Gresik (Persero) Tbk diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen/tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Sampai dengan tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Pemerintah RI 15,01%, Masyarakat 23,46% dan Cemex 25,53%.

Pada bulan September 1995, Perseroan melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Negara RI 65% dan masyarakat 35%. Pada tanggal 15 September 1995 PT Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa.Total kapasitas terpasang Perseroan saat itu sebesar 8,5 juta ton semen per tahun.


Pada tanggal 17 September 1998, Negara RI melepas kepemilikan sahamnya di Perseroan sebesar 14% melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S. A. de C. V, perusahaan semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%. Kemudian tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi: Pemerintah Republik Indonesia 51,0%, masyarakat 23,4% dan Cemex 25,5%.

Tanggal 27 Juli Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham CEMEX S.S de. C.V pada Blue valley Holdings PTE Ltd. Sehingga komposisi kepemilikan saham sampai saat ini berubah menjadi Pemerintah RI 51,01%, Blue Valley Holdings PTE Ltd 24,90%, dan masyarakat 24,09%.Saat ini kapasitas terpasang Semen Gresik Group (SGG) sebesar 16,92 juta ton semen/tahun, dan menguasai sekitar 46% pangsa pasar semen domestik.

Gambar Penjualan Saham 2006 dan 2010


Tanggal 18 Desember 2012 adalah momentum bersejarah ketika Perseroan melakukan penandatanganan transaksi final akuisisi 70 persen saham Thang Long Cement, perusahaan semen terkemuka Vietnam yang memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton/tahun. Akuisisi Thang Long Cement Company ini sekaligus menjadikan Perseroan sebagai BUMN pertama yang berstatus multi national corporation. Sekaligus mengukuhkan posisi Perseroan sebagai perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sampai tahun 2013 sebesar 30 juta ton per tahun

PRODUKSI
Perseroan memproduksi berbagai jenis semen, antara lain :
1.      Semen Portland Tipe I

Dikenal pula sebagai ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
2.      Semen Portland Tipe II

Di kenal sebagai semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa dan bendungan.
3.      Semen Portland Tipe III. 
Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin. Misalnya digunakan untuk pembuatan jalan raya, bangunan tingkat tinggi dan bandar udara.
4.      Semen Portland Tipe V. 

Semen jenis ini dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbang pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.
5.      Special Blended Cement (SBC).
 
Semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah.
6.      Portland Pozzolan Cement (PPC). 
Semen Hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya, jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh. 

LOKASI PERUSAHIAAN, TATA LETAK DAN PABRIK
 


Untuk letak perusahaan kantor pusat berada di Jl. Veteran Gresik sedangkan lokasi kantor perwakilan berada di Jl. HR. Rasuna Said. Kuningan. Jakarta. Lokasi pabrik PT. Semen Gresik unit III berada di Tuban jauh dari perumahan penduduk sehingga sangat baik karena tidak mencemari masyarakat sekitarnya dari limbah PT. Semen Gresik di Tuban lokasinya meliputi tiga kecamatan yaitu kecamatan Merak Urak, Kecamatan Kerek dan Kecamatan Jenu. Sedangkan lokasi pabrik terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban Luas area pabrik sekitar 1500 Ha dengan bangunan pabrik seluas 400.000m.Sedangkan pabrik PT. Semen Gresik unit I dan II berada di Sidomoro kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, ± 16 km dari kota Surabaya dengan luas bangunan 150.000 m2 terbentang diatas area seluas 750 Ha. Daerah deposit batu kapur berada ± 5 Km sebelah barat pabrik dan deposit tanah luasnya 2-5 Km di sebelah barat pabrik.
Didirikan dengan beberapa pertimbangan, antara lain :
1.      Bahan Baku
Bahan baku berupa batu kapur terletak di Desa Temandang, kurang lebih 3 km dari lokasi pabrik. Sedang bahan baku berupa tanah liat terletak di Kecamatan Kerek kurang lebih 5 km dari lokasi pabrik.
2.      Bahan Pembantu
Bahan pembantu diperoleh dari daerah sekitar, bahan pembantu berupa pasir silica diperoleh dari Tuban dan Madura. Pasir besi diperoleh dari Pasuruan, Probolinggo dan Cilalap. Bahan pengganti pasir besi adalah copper slack yang diperoleh dari Gresik. Gypsum diperoleh dari Petrokimia Gresik yang berupa gypsum sintetis. Untuk gypsum natural diperoleh dari Kalimantan atau diimpor dari Thailand. Bahan pembantu berupa trass didapat dari Tuban, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.
3.      Transportasi
PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban memiliki lokasi yang strategis karena lokasi pabrik terletak kurang lebih 9 km dari jalan raya yang menghubungkan kota Surabaya dan Semarang. Pabrik terletak dekat pelabuhan bahkan mempunyai pelabuhan sendiri sehingga transportasi lewat laut mudah dilakukan.
4.      Faktor Sosial
Pabrik dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat membantu program pemerintah dalam menanggulangi masalah pengangguran. Untuk menjamin lancarnya operasi dan kegiatan-kegiatan dalam pabrik serta ketentraman para pegawai beserta keluarganya maka perusahaan menyediakan perumahan, fasilitas seperti rumah sakit, sarana pendidikan, sarana olahraga, koperasi, maupun balai pertemuan.
5.      Pemasaran
Daerah Pemasaran PT. Semen Gresik (PERSERO) Tbk. Meliputi seluruh wilayah Indonesia. Selain itu juga menjalin kerjasama hubungan dagang dengan luar negeri, anata lain produk Semen Gresik telah diekspor ke Thailand, Singapura, maupun Mexico. Karena lokasinya strategis dan jalur transportasinya lancar maka pemasarannya tidak mengalami hambatan.


VISI DAN MISI PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk.

VISI :

Menjadi perusahaan persemenan bertaraf internasional yang terkemuka dan mampu meningkatkan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).



MISI :
  1. Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggnakan teknologi yang ramah lingkungan. 
  2. Mewujudkan manajemen perusahaan yang berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis, semangat kebersamaan, dan bertindak proaktif, efisien serta inovatif dalam berkarya. 
  3. Memiliki keunggulan bersaing dalam pasar semen domestik dan internasional. 
  4. Memberdayakan dan mensinergikan unit-unit usaha strategik untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan. 
  5. Memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar.

1 komentar:

REVIEW MAKANAN 9: STEAK HOTEL BY HOLYCOW

Nah kali ini aku makan steak yang bisa dibilang ga mahal-mahal banget dan ga murah-murah banget, apalagi kalau ada promo yang kalian bisa...