Jumat, 25 Desember 2015

1. PENDAPAT PRIBADI - Peran Komunikasi Dalam Sebuah Organisasi

Sebelum menganalisis  peran komunikasi didalam organisasi, berikut ini sekilas penjabaran pengertian komunikasi dan organisasi

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI 
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah  proses dimana seseorang atau kelompok saling menggunakan informasi dan kemudian mentransmisikan informasi tersebut dan menginterpretasikan didalam lingkungan. 
Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama secara rasional, sistematis, terencana dan terpimpin serta terkendali dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan) secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Jadi Komunikasi organisasi adalah proses dimana sekumpulan orang melakukan pengiriman dan penerimaan berbagai informasi organisasi yang bekerjasama secara rasional, terencana dan terpimpin di dalam kelompok formal maupun informal untuk mencapai suatu tujuan organisasi 
Dilihat dari kesimpulan pengertian Komunikasi Organisasi, menurut pendapat saya peran komunikasi di dalam sebuah organisasi sangat penting, karena sebuah komunikasi merupakan syarat wajib dalam berorganisasi. Dilihat dari pengertiannya komunikasi dalam organisasi sangat diperlukan untuk memberikan pengertian dalam hal informasi antara semua anggota organisasi dari atasan hingga bawahan atau sebaliknya, sehingga dapat terciptanya kerjasama dan koordinasi yang baik di dalam suatu organisasi.

Komunikasi ini mempunyai korelasi yang kuat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena sebuah komunikasi dapat mendukung efektivitas operasional organisasi, juga sebagai alat untuk mencapai tujuan utama organisasi. Di dalam berkomunikasi juga harus memperhatikan tata cara berkomunikasi yang baik serta harus memperhatikan syarat-syarat berkomunikasi seperti jelas, tepat dan sesuai dengan sasaran yang dituju. Dalam berkomunikasi sebaiknya menggunakan pengendalian komunikasi yang bertujuan untuk mengambil sebuah keputusan yang nantinya akan menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi organisasi, membuat organisasi tersebut lebih terarah dan dengan adanya sebuah komunikasi akan dapat mengetahui permasalahan atau konflik yang terjadi di dalam organisasi.

Komunikasi di dalam organisasi tentu banyak manfaat dan keuntungan tetapi jika di dalam organisasi tidak menggunakan komunikasi tentunya organisasi tidak dapat mencapai tujuannya serta banyak terjadi konflik akibat kesalahpahaman antara anggota organisasi. Oleh karena itu mengggunakan komunikasi yang baik dan sesuai dengan syarat yang ditentukan agar memudahkan dalam mencapai suatu tujuan organisasi.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW MAKANAN 9: STEAK HOTEL BY HOLYCOW

Nah kali ini aku makan steak yang bisa dibilang ga mahal-mahal banget dan ga murah-murah banget, apalagi kalau ada promo yang kalian bisa...